You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mertasari

Desa Mertasari

Kec. Purwanegara, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Selamat Datang di Website Resmi Desa Mertasari

Sejarah Desa

Jazuli Hendro Purwantoro 08 Agustus 2023 Dibaca 328 Kali
Sejarah Desa

LEGENDA DAN SEJARAH DESA MERTASARI

       Desa Mertasari didirikan pada tahun 1897 oleh dua orang pujangga dari daerah timur, mereka kakak beradik yang bernama Kertasari dan Kerta Bangsa.

         Pada suatu hari ada seorang wanita yang bernama Dewi Linang Sari, wanita tersebut sedang melihat pertunjukan kesenian lenger (reog) di Desa Merden. Saat tengah menonton pertunjukan, Dewi Linang Sari bertemu seorang laki-laki bernama Menjangan Wulung. Menjangan Wulung merupakan putra dari Bupati Pekalongan, Menjangan Wulung merasa tertarik kepada Dewi Linang Sari. Namun Dewi Linang Sari merasa takut dan memutuskan untuk berlari mengelilingi desa menghindari Menjangan Wulung.

     Berlarinya Dewi Linang Sari memberikan nama-nama dusun yang ada di Desa Mertasari. Pertama, Dewi Linang Sari berlari kearah selatan yang sekarang bernama Dusun Bonjok, kemudian berlari kearah utara masih dalam satu dusun yaitu Dukuh Pesayangan. Lalu Dewi Linang Sari berlari ke timur sambil tersenyum-senyum (cengangas-cengenges) kemudian sekarang terkenal dengan Dukuh Karang Cengis. Dewi Linang Sari berlari ke utara sambil mendengarkan (mertakna) dan terciptalah nama Dusun Mertasari. Dewi Linang Sari berlari terus kearah utara dan berteduh dibawah pohon jati, sekarang terkenal dengan sebutan Dusun Karangjati, Dewi Linang Sari masih berlari kearah timur ke blok gebrug dan masih terus berlari kearah utara sambil terkencing-kencing (kepoyuh-poyuh) dan terkenal dengan Dukuh Gunung Puyuh, berlari terus kearah utara sampai ke Dusun Danarum. Menjangan Wulung masih mengejar Dewi Linang Sari kearah timur hingga sampai ke Dusun Peyuyon.

     Setelah sekian lama, Mejangan Wulung mengejar cinta Dewi Linang Sari dan terjadinya kasih sayang kedua orang tersebut dan keduanya menyatukan antara Dusun Bonjok sampai Dusun Peyuyon sekitar tahun 1897 dan berdirilah Desa Mertasari.

         Gambaran tentang sejarah Kepemimpinan Desa Mertasari dalam masa ke masa :

TAHUN PIMPINAN (KEPALA DESA) KETERANGAN
1897 - 1908 SINGA BESARI  
1909 - 1919  WIRYA HUDHA  
1920 - 1930 KASTARUN  
1931 - 1942  PURWA ATMAJA  
1943 - 1989 KAMAN AS  
1989 - 2006 MISNGADI ES  
2007 s/d Sekarang  SUDONO SUSANTO  
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image